ABSES PERITONSILER PDF

Abses Peritonsillar Pembimbing: dr. Kote Noordhianta, Sp. THT-KL, Daniela Angeline Identitas Pasien Nama: Bpk. J.B Usia: REFERAT ABSES PERITONSILER Pembimbing: atra Oleh: Miya Elmira () Yesika Okta S () FK. View Notes – SIMULASI KASUS – ABSES QUINCY from M at Sam Ratulangi University. SIMULASI KASUS THT ABSES PERITONSILER (KOMPETENSI 2).

Author: Shakagor Nirn
Country: Greece
Language: English (Spanish)
Genre: History
Published (Last): 28 August 2005
Pages: 452
PDF File Size: 1.49 Mb
ePub File Size: 2.78 Mb
ISBN: 482-3-61023-989-6
Downloads: 6877
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Terr

Hitung darah lengkap complete blood countpengukuran kadar elektrolit electrolyte level measurementdan kultur darah blood cultures. Proses penelanan dibagi menjadi tiga tahap.

We need your help! Applied anatomy and physiology mouth and pharynx.

Pilar anterior yang dibentuk oleh palatoglossus yang berjalan dari permukaan bawah lidah menuju aponeurosis palatum molle. Elevasi lidah dan palatum mole mendorong bolus ke orofaring. Gabungan dari bakteri aerobic dan anaerobic di daerah peritonsilar. Bila telah terbentuk abses, dilakukan pungsi pada daerah abses, kemudian diinsisi untuk mengeluarkan nanah. Otot ini lebih penting daripada palatoglosus dan pertonsiler diperhatikan pada operasi tonsil agar tidak melukai otot ini.

Keparahan dan progresivitasnya ditunjukkan dari trismus. Bila peradangan jaringan m.

REFERAT ABSES PERITONSILER

Otot ekstralaring juga dapat ikut berperan. Penjalaran infeksi dan abses ke daerah parafaring, epritonsiler dapat terjadi abses parafaring. Sebaliknya, kekerasan suara pada hakekata proporsional dengan tekanan aliran udara subglotis yang menimbulkan gerakan korda vokalis sejati. Abses peritonsil mempunyai kecenderungan besar untuk kambuh.

Pada bayi posisi laring yang lebih tinggi memungkinkan kontak antara epilglotis dengan permukaan posterior palatum mole.

Sampai saat ini belum ada dilakukan pada tonsilektomi perdarahan abses kesepakatan kapan tonsilektomi peritonsil. Komplikasi juga terjadi akibat tindakan insisi pada abses akibat perdarahan yang terjadi pada arteri supratonsilar. Bagian luar tonsil terikat pada m.

  AONLA CANDY PDF

Di Amerika insiden tersebut kadang-kadang berkisar 30 kasus per Kemudian dapat terjadi penjalaran ke mediastinum menimbulkan mediastinitis. Celah atau ruangan ini terjadi karena tonsil tidak mengisi penuh fossa tonsil. Kematian, walaupun jarang dapat terjadi akibat perdarahan atau nekrosis septik ke selubung karotis atau carotid sheath.

Elevasi laring di bawah pangkal lidah melindungi laring lebih lanjut dengan mendorong epiglotis dan plika ariepiglotika ke bawah menutup aditus.

ABSES PERITONSILER by Gung Istri Julia Tensadiani on Prezi Next

Aspirasi material yang purulen merupakan tanda khas, dan material dapat dikirim untuk dibiakkan untuk mengetahui organisme penyebab infeksi demi kepentingan terapi antibiotika. Tonsillitis, Tonsillectomy, and Adenoidectomy. Akibat limfadenopati dan inflamasi otot, pasien sering mengeluhkan nyeri leher dan terbatasnya gerakan leher torticolis. Mukosa di lipatan supratonsillar tampak pucat dan bahkan seperti bintil — bintil kecil. Anatomi Tonsil Palatina dan jaringan sekitarnya.

Pterigoid interna, sehingga menimbulkan spasme muskulus tersebut. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, hal: Sedangkan inervasinya diperoleh dari n. Didapatkan pembesaran dan nyeri tekan pada kelenjar regional. Otot intrinsik laring dan krikotiroideus berperan penting dalam penyesuaian tinggi nada dengan mengubah bentuk dan massa ujung-ujung bebas korda vokalis sejati dan tegangan korda itu sendiri. Etiologi Proses ini terjadi sebagai komplikasi tonsilitis akut atau infeksi yang bersumber dari kelenjar mukus Weber di kutub atas tonsil.

Prognosis3 Abses peritonsil hampir selalu berulang bila tidak diikuti dengan tonsilektomi. Jaringan limfoid lainnya yaitu adenoid tonsil pharingealtonsil lingual, pita lateral faring dan kelenjar-kelenjar limfoid. Pada stadium permulaan, stadium infiltratselain pembengkakan tampak juga permukaan yang hiperemis. Pilar posterior yang dibentuk oleh palatopharingeus yang berjalan dari bagian bawah pharing menuju aponeurosis palatum molle.

  CARL SCHMITT TEOLOGIA POLITYCZNA PDF

Di lain pihak, berbisik diduga terjadi akibat lolosnya udara melalui komisura posterior di antara aritenoid yang terabduksi tanpa getaran korda vokalis sejati 2.

Pada pemeriksaan fisik, didapatkan tonsilitis akut dengan asimetri faring sampai dehidrasi dan sepsis. Intraoral incision dan drainase dilakukan dengan mengiris mukosa overlying abses, biasanya diletakkan di lipatan supratonsillar. Abses peritonsil Quinsy merupakan salah satu dari Abses leher dalam dimana selain itu abses leher dalam dapat juga abses retrofaring, abses parafaring, abses submandibula dan angina ludovici Ludwig Angina.

Tonsil palatina lebih padat dibandingkan jaringan limfoid lain, berbentuk oval dengan panjang cm, Permukaan sebelah dalam peritonsller oleh membran epitel skuamosa berlapis yang sangat melekat. Anatomy of the mouth and pharynx. Head and Neck Surgey-Otolaryngology 2nd Edition. Di samping itu, respirasi juga dihambat selama proses menelan melalui suatu refleks yang diperantarai reseptor pada mukosa daerah supraglotis.

Hasilnya dapat digunakan untuk pemilihan antibiotik yang tepat dan efektif, untuk mencegah timbulnya resistensi antibiotik. Penatalaksanaan Pada stadium infiltrasi, diberikan antibiotika dosis tinggi dan obat simtomatik. Dan pada palpasi palatum molle teraba fluktuasi.

Perubahan tekanan ini membantu sistem jantung seperti juga ia mempengaruhi pengisian dan pengosongan jantung dan paru. Cermin Dunia Kedokteran Vol.