EPIDEMIOLOGI ASMA BRONKIAL PDF

Jurnal Epidemiologi Indonesia Vol 4, No 3 (). Prevalensi dan Faktor Resiko Asma Bronkial pada Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertaina. Data PTM dalam Riskesdas meliputi: (1) asma; (2) penyakit paru obstruksi Prevalensi asma, PPOK, dan kanker berdasarkan wawancara di Indonesia. Table 6. Phase I ISAAC Study in Indonesia, Age Group Years. Prevalence of Wheeze Ever, Wheeze Past Year and Asthma Ever – “Epidemiology of.

Author: Godal Mik
Country: Slovenia
Language: English (Spanish)
Genre: Health and Food
Published (Last): 3 December 2014
Pages: 332
PDF File Size: 19.83 Mb
ePub File Size: 1.6 Mb
ISBN: 979-9-90898-838-5
Downloads: 41137
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Feshura

Tes provokasi bronkus Pemeriksaan ini dilakukan untuk memeriksa hiperesponsivitas jalan nafas. Operator, harus memiliki pengetahuan yang memadai, tahu tujuan pemeriksaan dan mampu melakukan instruksi kepada subjek dengan manuver yang benar b. Manuver Kapasitas Vital Paksa KVPsubjek menghirup udara sebanyak mungkin dan kemudian udara dikeluarkan dengan dihentakkan serta melanjutkannya sampai ekspirasi maksimal.

Epidemiology of asthma in Indonesia.

Paparan tembakau dan rokok 4. Efek samping dari terapi ini adalah reaksi anafilaksis yang dapat mengancam jiwa. Penyakit cough variant asthma harus dibedakan dengan bronkitis eosinofilik pada 17 pasien yang batuk, hasil pemeriksaan sputum didapatkan eosinophil akan tetapi fungsi paru dan responsitivitas jalan nafas epidemiopogi GINA, Usia tahun a.

Jumlah udara yang bisa dikeluarkan sebanyakbanyaknya dalam 2 menit dengan bernapas cepat dan dalam secara maksimal. Patogenesis dan patofisiologi asma secara umum kompleks yang menyebabkan inflamasi jalan nafas yang kronik 4. Topics Discussed in This Paper. Penghindaran obat-obatan yang dapat memicu asma e. Pemeriksaan ini dilakukan dengan latihan inhalasi metakolin dan histamin, hiperventilasi eukapnik volunter atau manitol inhalasi.

Pengukuran sIgE tidak lebih sensitif dari skin prick test tapi lebih mahal dan digunakan untuk pasien dengan pasien tidak kooperatif. FENO menurun epodemiologi perokok dan saat terjadi bronkokonstriksi, dan meningkata jika terjadi infeksi pernafasan viral.

  LAMBRETTA TIMING DISC PDF

Gizi, Kesehatan Reproduksi dan Epidemiologi

Pemberian ICS dosis rendah dini pada pasien asma akan meningkatkan fungsi paru lebih baik dibandingkan jika pemberiannya dilakukan sudah muncul gejala selama tahun. Vaksinasi GINA, 26 Influenza berkontribusi terhadap terjadinya eksaserbasi akut asma, dan pasien dengan asma sedang-berat disarankan untuk mendapatkan vaksinasi influenza setiap tahun.

Many diagnoses were based on questioner, clinical or secondary data. Keluhan mengi, sesak nafas, dan batuk yang memberat dengan olahraga atau memberat saat malam juga bisa disebabkan oleh adanya penyakit 18 jantung atau kegagalan ventrikel kiri.

Crackles atau wheezing inspiratorik bukan karakteristik asma. Role of eosinophil and asthma airway remodeling. Penghentian kebiasaan merokok dan paparan alergen b.

Hampir separuh dari seluruh pasien asma pernah dirawat di rumah sakit dan melakukan kunjungan ke bagian gawat darurat setiap tahunnya Rengganis, Prevalensi penyakit atopik pada anak di Kelurahan Utan Kayu. Showing of 2 extracted citations. Definisi Asma adalah penyakit heterogen, biasanya ditandai dengan inflamasi jalan nafas kronik. Indikasi Uyainah, a. Akan tetapi, sampai saat ini suplementasi vitamin D belum bisa dikaitkan secara kuat dengan peningkatan kontrol asma atau penurunan eksaserbasi.

Kontrol stress emosional k. Eksaserbasi adalah perburukan akut atau subakut dalam hal gejala dan fungsi paru dari keadaan pasien biasanya, dan dalam beberapa kasus, gejala klinis pertama dari asma.

ASMA GINA – Free Download PDF

Melihat epidemiologi asma saat ini, tenaga kesehatan perlu mempelajari lebih dalam lagi tentang penyakit ini sesuai panduan terbaru. Disfungsi pita suara b. Pernah mengalami asma berat yang hampir fatal dan membutuhkan intubasi dan ventilasi b. Pada tahun Survei Kesehatan Rumah Tangga mencatat The purpose of the research is to determine the characteristics of bronchial asthma patients epidemiokogi are hospitalized in Arifin Achmad Hospital Pekanbaru in Akan tetapi, butuh studi rbonkial lebih lama lagi untuk menjadi dasar bukti rekomendasi metode ini.

  6XV1 830 0EH10 PDF

Epidemiology Search for additional papers on this topic. Asma non-alergika 4 Asma ini terjadi pada sebagian orang dewasa dengan ciri sputumnya dapat ditemui neutrophil, eosinophil, atau hanya mengandung beberapa sel inflamasi.

Orang berusia tua Asma seringkali tidak terdiagnosis pada orang tua, karena persepsi orang tua tentang keterbatasan jalan nafas yang berkurang, anggapan bahwa sesak nafas adalah hal yang wajar, jarang olahraga dan kurang nya aktivitas. Citations Publications citing this paper. Showing of 14 references.

J Clinic Invest; Size px x x x x This research is a descriptive study using case series design. Three thousand one hundred sixty five junior high school students, 1, Persiapan subjek, selama pemeriksaan subjek harus merasa nyaman. Pasien yang tidak mengonsumsi ICS dan mengalami eksaserbasi akan mengalami penurunan fungsi paru yang lebih hebat daripada pasien yang telah mulai menggunakan ICS c.

Diagnosa dan Tatalaksana Bron,ial Bronkial.

References Publications referenced by this paper. Thank you for interesting in our services. Inhalasi benda asing 3.

Metode ini sangat bermanfaat pada dewasa dan anak-anak. Passive smoking is a risk factor for asthma.

Obat ini menurunkan inflamasi jalan epkdemiologi, mengendalikan gejala dan menurunkan risiko eksaserbasi dan penurunan fungsi paru. Semua pasien seharusnya diberikan tatalaksana tertulis sesuai dengan derajat asma sehingga dapat memudahkan mengenali dan menangani asma GINA, Asma adalah penyakit heterogen, biasanya ditandai dengan inflamasi jalan nafas kronik 2. Penyakit jantung kongenital g. Jika pemeriksaan objektif perlu dilakukan untuk konfirmasi diagnosis, tidak dianjurkan untuk melakukan uji provokasi bronkus atau untuk menurunkan terapi controller sampai selesai persalinan GINA,